Trigger

Dua hari lalu, malam hari sekitar pukul 7 malam saat sy ke kampus untuk rapim (rapat pimpinan) acara Tatap Muka, di jalan sy bertemu ayah Sugiyanta. Beliau sudah mengoreksi paper (aslinya karena beliau sibuk, jadi paper sy cuma dibaca bagian halaman depan saja katanya. Hehe..) sy dan katanya sudah layak dikirim. Sebetulnya deadline paper sudah sehari sebelumnya, jadi ya kedua paper sudah sy kirim dan sekarang sedang menunggu revisi paper dari panitia.

Malam itu, beliau bertanya,"kapan ada waktu kosong untuk ke rumah?" Dalam hati sy heran, ada apa gerangan hingga sy harus ke rumah beliau. Nah, sebelum sy menangkap maksud itu, sy sudah bilang,"Besok dan lusa dini sudah ada agenda Pak, mungkin Jum'at insya Allah bisa ke rumah Bapak." Baru setelah itu Bapaknya mengatakan dengan tersirat dan menjadi tersurat jelas di akhir kelimatnya yang intinya meminta sy untuk mengajari Bahasa Inggris anak beliau (Rahmi.red) kelas 3 SMP. Glek! Jadi malam tu sy bingung mau 'mereject' kata-kata sy yang telah diucapkan. Aslinya bisa saja sy reject, tapi ga enak ateuh.. Sy takut mengecewakan beliau dengan mengatkan,"saya tidak bisa mengajar B.Inggris Pak." Wah, kalau bilang begitu sebelum sy coba, berarti mental sy adalah mental kalah sebelum berperang. Ga banget kann kalau mentalnya begitu.. Bapak sudah berbicara untuk menyesuaikan jadwal sekolah Rahmi dengan jadwal sy dan kapan sy bisa ke rumah beliau. Sy sih nurut saja. Apalagi sy senang ketika sy membutuhkan tambahan finansial, eh tanpa sy cari ada tawaran mengajar. Tapi masalahnya adalah... Sy tidak PD mengajar English! @_@

Dulu ketika SMA, kelas ICG dibiayai les AMEC (American English Conversation) selama dua setengah tahun oleh sekolah dan sy pasti TOEFL tiap 6 bulan sekali dan TOEIC setiap setahun sekali. Tapi kan itu SMA, kalau bahasa ga dipaai kan menguap begitu saja.. :( Kemarin sy sudah mau les TOEFL untuk meningkatkan TOEFL hingga 550. Sebelum dimulai les, ada placement testnya dulu dengan mengikuti tes TOEFL lembaga tersebut. Ada dua level yakni basic TOEFL untuk nilai TOEFL 450 ke bawah, dan Core/Advance TOEFL untuk 450 ke atas. Hasil tes TOEFLnya sy ternyata sekitar 500 dan itu tandanya sy masuk Advance TOEFL. Sy ga nyangka juga. Sy fikir 400-an, jadi biayanya bisa terjangkau oleh sy. Bahasa Inggris sy kan masi kumur-kumur. :D Nah, karena biaya les untuk advance TOEFL 'lumayan' mahal (hampir dua kali lipat dari basic TOEFL.red), dan untuk ukuran finansial sy belum mampu bayar, akhirnya sy mundur ga jadi les. :( Kemudian sy berfikir gimana caranya sy bisa mentrigger diri sy untuk belajar bahasa Inggris otodidak, aslinya ya karena sy yakin Bahasa Inggris sangat diperlukan kelak. Sy agak sulit belajar Bahasa Inggris kalau tidak ada 'paksaan' harus belajar misalnya karena les atau tuntutan mata kuliah. Kemudian malam itu sy dipertemukan dengan Pak Sugiyanta di koridor kampus, sy baca ini cara Allah untuk mentrigger sy belajar bahasa Inggris tanpa biaya dan malah menghasilkan uang untuk tambahan finansial. Subhanallah kan rencana-Nya? ^_^ Meski aslinya sy agak dag dig dug juga takut mengecewakan beliau. Solusinya, sebelum sy mengajar, sy akan menjelaskan dulu kapasitas Bahasa Inggris sy kepada ayah, selanjutanya terserah beliau mau tetap percayakan Rahmi kepada sy atau mencari tutor yang lebih mantaps dr sy karena sy ngerasanya kemampuan B.Inggris sy biasa saja. Hehey..

Hm, masalah Jepang, ternyata paper sy yang lolos ada dua paper. Satunya paper sy sendiri, satunya bareng mba Desty lagi. Paper yang bareng mba Desty tu paper Renews kemarin, cuma lebih dipersempit karena panitia hanya membolehkan maksimal 4 halaman saja. Untuk ke Jepang, peserta yg lolos banyak juga dari IPB, nah jadinya pihak rektorat meminta kepastian nama yang pasti akan berangkat. Mba Desty memutuskan tidak berangkat karena bingung masalah dana sementara deadline keberangkatan sebentar lagi. Sy alhamdulillah kemungkinan besar akan dibiayai penuh oleh beasiswa sy. :) Tapi sy sedih, rekan sy ga jadi ikut. Meski yang tercatat panitia, sy adalah speaker untuk keuda papernya, tapi sebetulnya sy sudah rencanakan di paper kemiri sunan nanti mba Desty yg akan presentasi. Tapi karena rekan sy ga jadi berangkat, mau ga mau sy harus dua kali presentasi nanti. Aslinya sy fikir cuma satu paper yg lolos, sy kirim dua untuk menambah peluang lolos saja. Ternyata, berabe juga kan sekarang setelah kedua papernya lolos.. Hoho.. Sekali lagi, ini juga sy rasa adalah cara-Nya untuk mentrigger sy latihan presentasi dengan baik dan belajar dari pengalalam sebelumnya.

Beralih ke topik lain. Acara Tatap Muka IPB dilaksanakan tanggal 26, dan ternyata ketua sy di acara harus training dua minggu di Jakarta karena dia terpilih menjadi pengajar sains yang akan dilatih langsung oleh Yohanes Surya. Jadi selanjutnya kadiv acara diamanahkan kepada sy, dan ketua sy itu baru bisa datang pas hari-H saja. Asiikk kann.. Huuft. Ya sudahlah, nikmati saja.. It is not a big thing, make it simple. Semoga bisa, harus bisa, dan pasti bisa! =)

Hmm, sy baru saja mendapat sms yang berisikan sy lolos menjadi 10 orang terpilih menjadi asisten praktikum benih. Wah, alhamdulillah.. Sebelumnya sy sudah menceritakan bahwa persiapan sy menhadapi ujian seleksi itu sangat minimalis bahkan terancam ga bisa ikut ujian karena belum daftar ulang. Tapi, alhamdulillah sy lolos seleksi.. Sy jawab 15 soal esay pas ujian seleksi itu seperti mengarang indah, panjang-panjang dan memenuhi semua kertas yang disediakan, bahkan minta tambahan kertas lagi. Pokoknya apa yang terlintas di fikiran ketika menjawab soal ya sy tulis. Misalnya jawabannya cukup A sampai C, tapi sy tulis A sampai J, nah padahal jawaban C sampai J itu di soal selanjutnya. Begitu sy lakukan di setiap soal. Hehe.. Itu sy lakukan untuk meminimalisir galat kesalahan menjawab soal, kan mana sy tahu pemeriksanya mau jawaban sebatas mana? :) Sy kan ingin mendalami benih. Sy membuat beberapa planning after graduate (pilihannya: S2 atau bekerja. Sy berusaha menyiapkan kapasitas diri untuk keduanya.red), nah salah satu alternatif planningnya adalah sy bekerja di perusahaan benih.

Di lain sisi, sayangnya sy gagal jadi asprak biologi dasar semester ini. Sy nya yang dudul, sy menunda waktu daftar asprak ke lab biologi, sy fikir ya santai saja karena sy kan asprak lama jadi tinggal daftar ulang dan pasti keterima, eh ternyata udah penuh yang daftar asprak doongg.. Sy nulis di deret asprak biodas yang menjadi waiting list. Penjaga labnya bilang katanya akan dihubungi jika lowongan tersedia, tapi sampai sekarang setelah memulai perkuliahan, sy belum juga dihubungi. Itu berarti sy kurang beruntung! Ahaha.. :D

Semua kejadian tersebut mentrigger sy untuk keep moving forward! =) Dan alhamdulillah, sy sudah berdamai dengan fikiran sy mengenai keinginan sy 'yang satu itu.' Sy pasrahkan pada-Nya saja. Sy menikmati iramanya kini.. irama saat sy harus berjuang sendirian. :) Tahun 2011 ini memang tema besarnya adalah sy untuk orangtua sy, bukan sy untuk diri sy. Sy hanya yakin jika sekarang belum waktunya, sekarang tidak akan pernah menjadi waktunya. Dan jika suatu hari nanti adalah waktunya, suatu hari nanti akan benar-benar menjadi waktunya. Santai saja.. ^_^v

No Response to "Trigger"

Post a Comment