Maming

Bogor, 6 November 2010

Malam ini malam minggu.
Hemm, kebudayaan di Indonesia (sy belum tau apakah kebudayaan ini berlaku di luar negeri atau tidak) menjadikan malam minggu adalah malam spesial yang biasanya mereka lewatkan bersama kekasihnya. Mereka bergandengan, motor-motoran, dan sebagainya (kurang tau persis) bahkan sampai menunjukkan kemesraan itu di depan umum. Padahal kebanyakan dari mereka belum halal melakukan hal-hal tersebut karena belum terikat pernikahan. Naudzubillah.. Semoga kita selalu terlindung dari keburukan nafsu dan kelemahan hati.

Sejak zaman dahulu kala, sy belum pernah sama sekali yang namanya 'malam mingguan.' Ops salah, tiap seminggu sekali juga pasti malam mingguan, masa iya langsung malam Senin? Ahaha.. Maksudnya sy belum pernah 'malam mingguan' seperti yang sy terangkan di atas.  =)

Ada kejadian lucu tentang malam mingguan ini. Ceritanya pada suatu waktu sy menghubungi teman SMP sekaligus SMA sy yang sekarang kuliah di luar kota (entah dimana). Maksudnya sms silaturahim untuk sekedar tanya kabar, kuliah dimana, dll. Terus dia bilang kalu dia lagi 'maming.' Sy bingung, maming itu apa? Terus sy tanyakan langsung ke dia, apa yang dia maksud dengan maming tersebut. Terus dia ketawa (di sms) dan bilang kalo sy kuno banget. ternyata maming itu singkatan dari 'malam mingguan.' ohoho.. Sy menertawakan sendiri kedudulan sy waktu itu... Sy bahkan ga sadar kalau malam pada saat sms temen sy itu ternyata malam minggu. Gokil.. ;)

Di rumah (Majalengka), ada aturan bahwa sebelum magrib harus sudah ada di rumah, dan tidak menerima alasan apapun jika terlambat karena terbiasa shalat magrib berjamaah. Suatu hari zaman SMA, sy pernah telat pulang beberapa menit (engga ding, telatnya setengah jam dari waktu magrib. hehe) karena ada acara KIR di sekolah. Kebetulan sy panitianya. Praktis, sy terkunci di depan rumah, dan tidak dibukakan pintu. Pintu rumah baru dibukakan ketika akan masuk waktu shalat isya. Huhu. Setelah shalat isya, sy tidak diperbolehkan keluar rumah lagi kecuali kalau ada keperluan mendesak atau jalan-jalan keluar sama ayah ibu sy. malam itu, papah sy ngajak jalan-jalan ke alun-alun Majalengka. Disana memang markasnya pasangan-pasangan yang sedang bermaming ria. Waktu itu kami bertiga yaitu sy, ayah sy, dan de Reza mengguankan mobil (waktu masih punya mobil sebelum terjadi kecelakaan maut itu) untuk keliling-keliling. Papah bilang ada misi yang ingin beliau tunjukkan ke sy. Wah, sy penasaran banget dong... Taukah anda apa misi ayah sy itu? Menyoroti sampel beberapa pasangan yang lagi bermaming ria di sekitar alun-alun dan jalanan sepi yang kami lewati. Huaa..pantesan aja pake mobil, kalo engga ntar digebukin karena mengganggu mereka. Gokil pokoknya. Papah sy lalu bilang,"Mba mau kaya gitu? pegang-pegangan kaya gitu, mau?" Astaghfirullah, merinding sy liatnya. Jangankan mau, tertarik aja enggak. Kemudian berlanjut deh petuah-petuah papah sy menganai hal itu. Dalam hati sy bergumam,"makasih pap..." ^_^

Sy sekarang sangat bersyukur belum pernah merasakan maming seperti itu. Sy hanya ingin memberikan 'maming' pertama sy untuk dia yang Allah pilihkan untuk sy (suami.red). Rasanya akan berkali-kali lipat lebih indah jika maming dengan pasangan halal kita kelak, dari sekedar bermaming ria dengan pasangan yang belum halal dan sekedar memuaskan hawa nafsu.

Terimakasih untuk membuat rindu ini semakin meluap... Aneh ya sy, kangen sama seseorang yang sy pun belum tau siapa. Hoho... Sy hanya berharap, DIA menjaganya dengan sebaik-baiknya penjagaan sebelum kami bisa saling menjaga dalam ikatan yang DIA rekatkan, sebelum kami dipertemukan dalam episode nan mambehagiakan itu suatu satu nanti. Amin.

Punten ya bukan bermaksud menggurui. Sy juga sama-sama belajar kok. Saling mengingatkan dalam kebaikan. Tidak masalah kita pernah melakukan kesalahan, tidak masalah sebesar apapun kesalahan tersebut, dan tidak masalah jika kita terlambat menyadarinya. Namun yang menjadi masalah adalah saat kita dengan sadar mengulangi kesalahan yang sama tanpa ada usaha untuk menjauhkan diri dari kesalahan tersebut. Naudzubillah...
Ayo sama-sama berbebenah... ^_^

No Response to "Maming"

Post a Comment