Mama

Mari sy perkenalkan satu sosok bidadari yang ada dalam hidup sy..

Beliau adalah sosok yang mengajari sy bagaimana memberi kasih sayang dengan tulus. Sosok yang memberikan sy sejuta cinta hingga hidup sy tidak pernah sepi dari cinta. Sosok yang dengan kelembutan dan kesabarannya membuat sy terpesona. Ya, sosok itu adalah mama. Sy rasa, setiap orang dalam hidupnya pasti beranggapan yang sama seperti sy terhadap sosok ibunya.

Mama masih muda, beliau lebih mirip kakak sy dibanding ibu sy. Kami sering pake baju kembaran. Sy dibilang mirip banget sama mama (iya donk, kan anaknya. hehehe..), meski sy sadari mama lebih cantik, putih pula. Sy mah biasa aja malahan. Pernah zaman dahulu kala, mama sy ngambil rapot sy waktu kelas 2 SMA semester 1. Selama di SMA, itu pertama kalinya mama datang untuk menggantikan papa yg berhalangan hadir, biasanya ayah sy yang datang. Apa coba kata temen2 sy? Temen2 sy bilang,"Din, itu siapa? Kakak kamu?" Sy jawab bukan dan sy beritahukan bahwa beliau itu mama sy. Mereka ga percaya, soalnya mama sy memang masih terlihat muda seperti usia 20an. Lebih ekstrim lagi mereka bilang,"Din, yakin itu mama kamu? Wah, cantikan mamanya dari anaknya." Glek! Toeng, toeng.. ;D

Mama sy menikah dengan papa pada usianya yang masih sangat belia, 16 tahun. Saat itu usia papa sy 27 tahun. Itu artinya, perbedaan usia papa mama sy cukup jauh, sekitar 11 tahun. Mama sy berasal dari Kediri dan Sumedang (itu tempat kakek dan nenek sy yang dari mama), otomatis beliau tinggal disana selama hidupnya (sebelum bertemu dengan papa), meski memang lebih lama tinggal di Kediri. Baru pas SMP saja pindah ke Sumedang, lalu bertemu papa disana. Alkisah, mama sy bunga desa pada waktu itu. Beruntung banget deh papa dapetin mama. Sy heran, kenapa mama sy yang disukai banyak sekali kaum adam itu malah milih papa. Padahal sy yakinnya banyak banget yang jauh lebih dan lebih dari papa. Tapi seiring berjalannya waktu, sy paham kenapa mama milih papa, papa yang begitu spesial di mata sy dan di mata mama tentunya. Nanti sy ceritakan profil lengkapnya papa sy di episode yang lain. Allah memang memasangkan kaum adam dan hawa sesuai cerminan diri mereka sendiri. Begitu pun papa dan mama sy. Spesialnya lagi, mama walaupun banyak yang menginginkannya, tapi belum pernah tersentuh kata pacaran sama sekali. Makanya, beruntung banget jadi papa. =)

Mama sy sangat luar biasa di mata sy. Pernah, dulu perekonomian keluarga tumbang karena krisis moneter. Papa korban PHK dari perusahannya. Biasanya kami hidup serba ada, apapun tersedia, semua yang sy inginkan pasti dibelikan papa, lalu tiba-tiba untuk makan saja sulit karena papa sy tidak bekerja lagi. Ekstrim sekali perbedaan perekonomian kami. Itu berlangsung bertahun-tahun sampai harta tabungan kita habis dan kita tidak meimiliki apapun. Mamalah akhirnya yang menyokong perekonomian keluraga. Papa yang cerdas dan pintar, diimbangi mama yang kreatif. Mama tidak pintar, tapi bisa membuat banyak sekali kerajinan tangan dan jago banget masak.^_^ Alhasil mama buka catering, mama diminta masak di acara-acara besar. Mama pernah ketumpahan minyak goreng satu kuali besar ketika sedang masak untuk acara pernikahan. Kaki mama kena keloid gara-gara kejaian itu, keloid menyebabkan sel-sel hidup sehingga akan terus membesar. Kejadian itu membuat nenek sy di Sumedang meminta mama menceraikan papa. Katanya nenek sy dulu, buat apa sama papa kalau dibuat sengsara seperti itu. Huhuhu. Luar biasa, mama sy malah ga mau pisah dari papa. Sy kagum, terus sy tanya ke beliau apa alasannya. Mama kemudian berkata dengan tegas, "Masa mama maunya pas papa kaya aja, pas papa jatuh miskin ditinggalin. Ya ga boleh gitu. Papa tuh pilihan mama, suami mama, imam mama. Sudah seharusnya mama nemenin papa dalam suka maupun duka. Jangan mau enaknya aja dong. Surganya istri kan di suami." Padahal, sy yakinnya mama pasti dengan mudah dapet pengganti papa kalau mama menceraikan papa pada waktu itu. Tapi mama memilih bertahan dengan papa, dan sengsara bersama bertahun-tahun. Subhanallah, sy tau betul bagaimana letihnya beliau saat menjadi tulang punggung keluarga saat itu. Sy semakin terkagum-kagum.

Mama orangnya supel, mudah bergaul dan cepat akrab dengan banyak orang. Dimanapun mama berada, saat pekerjaan papa yang pindah-pindah, mama selalu bisa beradaptasi dengan cepat. Mama selalu mendukung papa, dan sangat penurut. Tidak parenah sy melihat orang tua sy adu mulut. Ketika papa sy emosi, mama sy selalu memilih diam. Papa sangat ketergantungan dengan mama. Bagaimana tidak, segalanya mama yang siapkan untuk papa. Ketika papa mau makan, tinggal bilang ke mama, terus mama yang ambilin. Masakan mama enak pula. Mau kemana-mana, baju sudah mama siapkan, dsb dsb yang tidak bisa sy uraikan. Lebih sepelenya lagi, seringnya mama juga yang mengguntingkan kuku tangan dan kaki papa sy. Hohoho. Misalnya papa sy bilang A, mama akan nurut untuk melaksanakan A. Selalu begitu. Sampai suatu ketika, papa sy nyuruh mama menjual cincin kawin mereka, mama pun nurut. Itu dilakukan hanya untuk membiayai sekolah adik-adik papa. Maklum, dulunya papa sy tulang punggung keluarga. Kompak banget pokoknya. Gaji papa sy pun selalu utuh diberikan ke mama sy tanpa beliau buka amplopnya. Jadi, selain mama memperlakukan papa seperti raja, mama pun diperlakukan seperti ratu oleh papa. So sweet.. =) Makanya, pas ada yang bilang Jawa-Sunda kurang bagus jika menikah, sy 100% tidak percaya. Buktinya papa dan mama sy sendiri. Papa sy asli Majalengka (Sunda) dan mama sy Kediri (Jawa), mereka selalu kompak dan rukun. Alhasil, sy jadinya Jawa-Sunda. Hehe.. =)

Tidak perlu panjang dijelaskan seperti apa mama memberikan kasih sayang penuh untuk sy dan adik sy, karena semua ibu akan melakukan itu pada anaknya. Sy sudah kenyang diberikan full care selama jadi anak tunggal 7 tahun dan nyaris diperkirakan akan jadi anak tunggal sebelum adik sy lahir. Mother bonding yang kuat dari mama membuat sy merasakan betul peran penting institusi pertama untuk anak, yaitu keluarga. Disanalah pembentukan karakter dimulai. Sy walaupun anak pertama, tapi tetap saja seperti anak tunggal karena memang anak perempuan satu-satunya. Begtupun adik sy yang laki-laki.  Maka dari itu, sy bisa memposisikan diri sebagai anak tunggal sekaligus anak sulung. =)

Mama sy sangat protektif. Tapi karena sudah bisa diperlakukan protektif, ya sekarang rasanya biasa saja, tidak seperti suatu 'kekangan.' Dulunya, sy sering dilarang-larang. Ga boleh ini, ga boleh itu. Beda sama adik laki-laki sy yang sering diberi ijin ini itu padahal masih kecil. Pas sy berontak, mama sy jawab,"Suatu saat mba jadi ibu yang punya anak perempuan, mba pasti ngerti betapa sayangnya seorang ibu ke anaknya, selalu khawatir anaknya kenapa-kenapa." Speechless sy mama jawab begitu... Mama juga bilang bahwa mama minta sy jadikan beliau sahabat terbaiknya. Maksudnya, kalo ada apa-apa ya harus cerita ke mama. Jadinya sy terbuka banget deh sama mama. Jangan kaget pas ngeliat mama sy periksa isi dompet sy, periksa detail isi tas sy, periksa inbox hp sy, dll. Mau protes ntar sy salah lagi, ya sudahlah.. Toh niat mama sy baik. Hehe..


Ada pesan penting yang selalu sy ingat dari mama,"Mba, sehebat-hebatnya seorang perempuan, tetap aja ntar dia akan jadi istri dari suaminya. Kalau nanti mba S1, S2, S3, sampai S10 pun, tetep aja mba nanti harus melayani suami mba. Perempuan itu ya harus balik lagi ke dapur, kotor-kotoran, bisa masak yang enak buat suami. Ga ada artinya kehebatan seorang perempuan kalau mba ga bisa melayani suaminya dengan baik. Ngerti kan mba?" Agak sarkastis, tapi menyerap sekali ke otak sy sampai sekarang. Mama memang begitu, agak saklek juga. Itu mama sampaikan pas sy lagi bantu beliau masak di dapur. Pantes mama selalu 'melibatkan' sy untuk membantu beliau masak di dapur. Sy hanya balas dengan senyum sambil mengangguk. Selanjutnya, apa yang beliau lakukan untuk mendidik sy? Sy dilatih jadi IRT! Hohoho. Ceritanya, pas sy sudah diterima USMI di IPB, kan ada waktu sebulan untuk nunggu keberangkatan ke Bogor. Sementara temen-temen lain sibuk latian soal SPMB, sy latian jd IRT. Gokil kan.. Dasar mama. Haha.. Dalam waktu sebulan itu, sy disuruh masak, nyuci, beres-beres, dll. Semuanya pokoknya, waktunya sy prektek semua yang perlahan mama ajarkan. Tanpa bantuan mama sama sekali. Pernah sy nyeleneh ga masak hari itu. Sy fikir mama yang akan handle, ternyata engga dong.. Mama malah beli masakan di warnas. Parah kan. Inget aja sy saat-saat itu. Tapi usaha mama berbuah manis, sy sekarang jadinya suka masak. Meski pastinya masih banyak yang harus dipelajari, dan ga sehebat mama, sy jadi hobi masak. Sayangnya sekarang pas jadi mahasiswa, jarang-jarang bisa masak. Sok sibuk ceritanya. hehe.. Tapi pas sekalinya ada kesempatan masak, sy seneng banget. =)

Sekarang ada beberapa ibu yang menganggap sy sebagai anaknya sendiri, terutama Bude sy di Kediri (dari sy kecil) dan ibu Dewi (semenjak sy kos di rumah beliau selama KKP) di Kalisuren, Bogor. Wah, sy betul-betul dianggap anak sendiri oleh ibu yang luar biasa baik itu. Mama sy kemudian bilang,"Mba, mama ikhlas mba punya ibu angkat. Tapi jangan lupain mama ya..." Huhuhu, hati sy mencelos. Ya pastinya ga bakal lupa, mamaku tersayang... The best mother I ever had. Mama yg telh mendidik sy sampai seperti ini, membuat karakter sy terbentuk menjadi seorang phlegmatis melankolis.

Kepanjangan yak? Malah tadinya sy ingin menulis lebih panjang lagi. Sy lagi homesick, pingin pulang, kangen banget sama mama. Mungkin dengan membuat tulisan ini bisa sebagai penawar rindu. Semoga, bidadari sy itu, selalu sehat walafiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Amiinn..


Sy ingin seperti bidadari sy...
I miss u badly mom..

No Response to "Mama"

Post a Comment