Gratisan

Biasanya semua orang pasti ingin segala yang gratisan. Bagaimana tidak, mereka bisa dapet apa yang mereka mau tanpa mengeluarkan feedback apapun (maksudnya uang). Manusiawi agaknya, tapi ya inilah paradigma umum.

Sy memang suka becanda ke temen,"Asik traktiran..." atau "Kapan nih janjinya mau traktir?" Padahal mah sy cuma ngetes aja sejauh mana ketulusan orang yg sy ajak bicara, dan dalam hati sy bilang,"nanti klo sy ditraktir, sy pgn balik nraktir juga." Sy malu sebetulnya kalo ditraktir dan betul-betul gratisan tanpa ada sedikipun cost yang sy keluarkan, entah dalam bentuk uang atau jasa. Misalnya kalo ada temen yg ngasi uang untuk masak-masak, seenggaknya sy bantu masaknya atau sy bantu nyuci piringnya. Apapun itu hingga sy merasa ga gratisan bgt. Sy lebih memilih sy yg memberi daripada sy menerima. Serius. Meski memang kadang sy membiarkan temen-temen yang punya rezeki lebih untuk mentraktir. Ada beberapa faktor. Misalnya, sy ingin turut membersihkan hartanya, melancarkan dia untuk sedekah. Dalam hati ya tetep aja sy bilang,"suatu saat kalo ada kesempatan dan ada rezeki, gantian sy yang traktir ya." Niat saja sudah dicatat sebagai suatu kebaikan agaknya.^^

Pada hakikatnya, seorang manusia selalu ingin lebih dan lebih. Wajar agaknya karena ada hawa nafsu yang mendasarinya. Maka benarlah jika ada hadist yang menyebutkan bahwa perang melawan hawa nafsu lebih hebat dari perang badar. Tentu anda tau bahwa dalam hukum Islam, wajib mengeluarkan zakat 2,5% jika hartanya sudah sampai pada batas tertentu. Benarkah demikian? Mari kita tinjau.

 Katanya belum dikatakan beramal jika kita memberi dengan tanpa beban (maksudna teu lebar ka harta anu dikaluarkeun kanggo sidqoh), dan baru bisa dikatakan beramal jika kita telah merasa lebar (sayang.red) dengan harta yang kita keluarkan untuk sedekah. Jadi, sedekah 2,5% aja mah biasa, kalo yang luar biasa minimalnya sedekah 10%. Sedekah itu ga mesti harus sampai batas harta yang wajib dikeluarkan. Perlu kita sadari bahwa setiap harta yang kita miliki, selalu harus dibersihkan dari kotorannya. Ibarat ikan segar yang baru dipancing, kalo mau dimakan kan harus dibersihkan dulu dan dimasak, nah harta juga gitu. Tinggal pilih, mau yang biasa atau luar biasa?^^ Tidak perlu khawatir uang ga kembali, yakin bgt bakal berlipat. Kata hukum-Nya juga begitu kan. Itu tabungan kita loh.

Secara harfiah, orang fakir adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan betul-betul kekurangan. Itu juga paradigma umum. Bagaimana paradigma khusus? Sebetulnya, saat anda merasa terbuai dengan pemberian orang lain (ada efek ketagihan), tanpa ingin balik memberi dan hanya ingin menerima, itu juga sudah bisa disebut fakir. Anda selalu merasa kurang atas apa yang anda punya. Lebih jauh lagi, anda selalu tidak bersyukur dan tidak puas dengan apa yang anda miliki sekarang. Itu juga fakir loh. Padahal fondasi utama dalam Islam adalah sabar, syukur, ikhlas. Ayo, saling mengingatkan.. Sy juga banyak alpa kok. Setidaknya, setiap kali kita menyadari kesalahan kita, maka segeralah beristighfar dan perbaiki. No bodies perfect...

Kejadian gratisan itu belakangan hobi sekali menghampiri sy. Aduh, ini bahan ujian sy, dan itu terjadi sejak keuangan sy defisit. hehe.. Aneh loh, agaknya selalu ada aja sesuatu rizki yang menghampiri saat uang sy habis. Itu beul-betul terasa pas bulan puasa ini. Sy renungkan, kok hampir tiap sore ya ada buka puasa bareng atau masak-masak bareng yang membuat sy free dari mengeluarkan uang pribadi. Pas di KKP dulu, ibu kos malah seneng sy yg masak dan sy sendiri yang menentukan menu hari itu, sy juga yg nemenin ibu belanja. Nah untuk kasus itu agaknya tidak masalah karena sy yang masak dan sy juga yg beres-beres bantuin ibunya. Kejadian lain misalnya ada masak-masak kosan yang udah terlalu sering. Klo yang ini sy suka agak "ga enak" hati juga jika dalam suatu momen karena kesibukan mengakibatkan sy ga bisa bantu masak. Dalam kasus ini tentu sy juga gantian dengan senang hati untuk jadi donatur. hehe.. Bubar kepanitiaan, beasiswa, atau organisasi juga biasanya sy tolelir karena sy jg ada bagian di dalamnya. Sebisa mungkin kalo ada yang begituan sy pgn ikut bantu-bantu. Kalo ga bisa bantu dan cuma makan, biasaya bikin hati sy mencelos. Ga enak, malu, dan sebagianya, meski sy punya batas toleransi sendiri untuk kasus itu.

Nah, dua kasus yang ini yang sy risaukan. Misalnya kemarin sy diajak bubar gratis sama temen kosan bareng temen PKM dia di Galuga (restoran mahal untuk mahasiswa dan mungkin juga untuk umum), alasannya karena ga da temen perempuan yang nemenin dia. Tentu saja meskipun sy ingin (Galuga salah satu tempat yang ingin sy cicip makanannya. hehe) makan disana, tapi dengan tegas sy tolak. Berkali-kali dia maksa tetep sy tolak. Sampai akhirnya dia mau nangis. Ga tega juga, trus sy bilang kalo sy mau itu kerena sy ga tega ma dia, bukan karena sy mau gratisan (dia heran knpa sy ga mau gratisan). Akhirnya sy bubar juga di Galuga demi dia. Trus hari ini pas sy ngajak temen renews bubar di pondok bambu (sy suka bgt mendoan pondok bambu anindi), eh akhirnya dia yang bayarin. Alesannya katanya karena dia lagi ga puasa, jadi ikut dapet pahala bayarin sy yang puasa. Wah tentu sy tolak, tapi dia maksa. Yaudah deh.. Padahal hari ini sy sengaja ga dateng ke bubar Faperta di Audit Toyib niatnya untuk menghindari gratisan, eh malah diraktir di pondok bambu sama temen sy. Sy cuma senyum dan bilang,"suatu saat sy gantian traktir kamu ya..."

Kalo lagi betul-betul limit money sy mau juga dapet graisan, daripada kelaparan kan? Dalam hukum Islam segala yang dilarang kalo darurat dibolehkan kok. Hanya tentu saja, kita harus punya batasan kondisi kapan kita limit atau masih mencukupi. Hati-hati dengan paradigma "fakir" yang ga kita sadari... ^_^

No Response to "Gratisan"

Post a Comment