SMANSAKA dan STIGMA

Kemarin sy seharian menghabiskan banyak waktu di dua tempat yaitu SMANSAKA (SMAN 1 Majalengka) dan STIGMA (SMPN 3 Majalengka).


SMANSAKA

Keperluan di SMANSA untuk menyosialisasikan IPB ke kalangan siswa SMANSAKA. Mencari penerus HIMMAKA IPB ceritanya. Eh siangnya ada acara KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), sebagai alumni dan aktivis KIR zaman dahulu kala, mewajibkan sy untuk datang di acara tersebut yang ternyata acaranya dari jam 1 siang sampai menjelang magrib. Kocak, ingat zaman muda dulu. ^_^

Alhamdulillah, subhanallah sambutan para guru disana kepada sy. Aslinya sy tidak menyangka semua guru tahu. Apalagi ayah Endi yang aktif jadi pamimpin barisan. Hoho.. Padahal aslinya, sy tidak merasa 'sebegitunya.' Seriusan, sy merasa biasa saja. Para Guru sy yang agaknya terlalu berlebihan saja. Dalam hati sy berdoa, ya Rabb pegangi hati sy agar tetap tawadhu.. Semua pujian itu akan menjadi racun yang menjalar di hati jika tidak bisa sy menage dengan baik. Sy sadari betul itu. Berkali-kali sy beristighfar dalam hati agar tidak terjerumus dalam kesenangan sesaat. Sy sungguh takut, sangat takut, jika segalanya ini malah menjadikan sy menjauh dari-Nya. Naudzubillah..

Kemarin ketika di SMANSAKA, ada seorang guru yang paling ingin sy temui, Pak Darmawan. Terakhir sy bertemu beliau ya ketika perpisahan SMA beberapa tahun silam. Siapakah beliau sampai sy ingin sekali bertemu dengannya? Baiklah akan sy ceritakan. Beliau adalah guru matematika sy di kelas 3. Sebelumnya sudah sy ceritakan, sy siswa yang nakal untuk pelajaran matematika. Terkadang, ketika mata pelajaran matematika, sy malah baca buku biologi di bawah meja. Dulu kan sendiri-sendiri duduknya, jadi bebas melakukan apapun sesuka sy. Sy ya begitu, kalau sudah suka satu ya bertahan dengan satu, tanpa melihat sisi kanan atau kiri yang mungkin jika diselami sebetulnya lebih menarik. Nah, Pak Darmawan ini guru matematika yang super sabar, saleh, dan sangat baik hati. Dulu pernah sy kepergok lagi baca buku biologi diam-diam di bawah meja ketika beliau memberi soal matematika untuk dikerjakan. Sy kaget ketika mendadak melihat beliau ada disamping sy dan tersenyum ke sy yang sedang 'kepergok' itu. Sy salting. Seriusan. Sy fikir beliau akan marah, ternyata beliau hanya membiaskan senyum kemudian berlalu ke meja teman sy yang lain. Hoho, kalau guru-guru lain pasti sudah cukup kesal dengan 'tingkah' sy itu. hehe..

Bukan cuma itu, ada kenangan lebih menarik lagi dengan Pak Darmawan saat persiapan menghadapi Ujian Akhir Nasional yang mencekam. Kelulusan ditentukan oleh tiga mata pelajaran saja yaitu B. Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Itu keputusan pamerintah saat itu. Nilainya harus memenuhi standar minimal yang ditetapkan (sy lupa berapa.red). Try Out beberapa kali dan pengayaan telah disiapkan sekolah untuk membantu persiapan kami menghadapi UAN. Ceritanya dari 4x tryout matematika, sy gagal dua kali untuk memenuhi nilai standar kelulusan. Wah, itu saat-saat paling mencekam bagi sy. Ya bagaimana tidak, sy jarang buka buku matematika terus kelulusan ditentukan oleh matematika. Glek! Kemudian, sy dan sejumlah siswa yang gagal dua kali atau lebih saat try out, maka wajib mengikuti kelas pembinaan khusus matemtaika.

Masuklah sy di kelas itu. Kelasnya penuh, dan ternyata penghuninya banyak yang berasal dari kelas reguler, hanya saya dan lima orang teman sy (kalau tidak salah.red) di ICG yang masuk kelas pembinaan khusus matematika ini. Malunya sy. Huaa.. Nah, Pak Darmawan ini ternyata guru yang akan mengajar kami selama pembinaan. Sy duduk di kursi paling depan di pojok. Ketika akan memulai pelajaran, beliau mengerling sambil tersenyum ramah ke sy dan kemudian berkata,"Eh, ada Dini.. Kok juara olimpiade bilogi dari ICG bisa masuk kelas pembinaan matematika.. Makanya belajar yang rajin ya.." Serentak saat itu juga, semua mata di kelas itu mengarah ke sy., Huaa, malu malu malu. Asli, sangat amat malu. Kalau ada lubang, agaknya sy mau masuk lubang aja. Hehe.. Sy hanya bisa tersenyum. Bapaknya juga terseyum kepada sy. Sy tahu, maksudn Bapaknya bukan menjatuhkan sy di depan umum, tapi menggelitik hati sy agar segera tersadar,"Diniii, UAN di depan mata!" Ahaha.. Semenjak kejadian itu, sy dan Pak Darmawan makin dekat, dan beliau dengan sabar mengajari sy. Sy suka matematika kalau sy belajar. Ternyata tidak sulit. Sy merasa sulit karena sy nya tidak belajar. Setiap orang agaknya begitu, cepat mengatakan "I can't" padahal belum maksimal berusaha. Kejadian itu, selamanya, tidak akan pernah sy lupakan. Hehe.. Trims ya Pak Darmawan. :)

SMANSA sekarang makin maju fasilitasnya. Setiap ruangan ada AC dan LCD. Pengantar bahasa menggunakan bilingual. Bangunannnya juga banyak bangunan baru. Sudah ada kelas akselerasi juga. Semoga target RSBI menjadi SBI terwujud tahun 2012 seperti yang ditargetkan. Amin. Aih, ikut senang.. ^_^


STIGMA
Sekitar pukul 11.30an selesai sosialisai, kami mahasiswa IPB, alumni SMANSA dan STIGMA bermaksud berkunjung ke STIGMA yang letaknya persis di depan SMANSA. STIGMA tidak kalah dengan SMANSA, juga sebagai SMP unggulan di Majalengka dan tempat sy menghabiskan waktu belajar selama 3 tahun. Terakhir kali sy ke Stigma sekitar 6 tahun lalu, malu soalnya kalau ke sekolah tanpa kepentingan. Kali ini sy dkk memberanikan diri. Aih, makin bagus saja.. Sama seperti SMANSA, STIGMA juga dalam tahapan menuju SBI di Majalengka. Sy dan STIGMA sudah terputus informasinya dan komunikasinya, makanya sy kangen berat.

Tujuan sy ke STIGMA, selain melihat-lihat kondisinya sekarang, juga untuk bertemu guru-guru sy dahulu, terutama guru yang dekat dan kenal baik dengan sy. Sy berharap masih ada dan belum diganti. Dari semua guru yang dekat dengan sy, sy paling dekat dengan Bu Eki. Beliau guru matematika. Kan, matematika lagi kann.. Kalau kali ini beda, saat SMP sy malah suka sekali dengan matematika. Ceritanya sy dekat dengan Bu Eki bukan sebagai murid yang 'nakal' terhadap matematika, tapi sebagai jajaran murid yang justru kemampuan matematikanya masuk di range atas di sekolah. Hehe, aneh yak kenapa bisa begitu?? Itulah sy. :) Setalah lulus STIGMA, dan alhamdulillah menjadi lulusan terbaik keempat, sy malah membuat pilihan bagi diri sy, mana bidang yang akan paling sy tonjolkan. Di SMP, semua mata pelajarannya seimbang bagi sy dan tidak ada yang dianakemaskan, meski memang sy paling suka biologi. Akhirnya, sy memilih biologi sebagai bidang yang ingin sy dalami. Alhasil, sy jadi anak 'nakal' di matematika saat SMA. Apa coba hubungannya? Sebtulnya tidak saling berhubungan yak, sy nya aja yang berfikiran dudul. Makanya, hati-hati bermain dengan fikiran. Kasus sy ini saat memilih mengembangkan biologi saja dan melupakan matematika, jangan dicontoh yak. Hehe..

Sy ke kantor guru, ternyata msih ada bebarapa guru sy yang bertahan disana. Akhirnya, bertemulah sy dengan Bu Eki. Ternyata beliau tidak pernah lupa ke sy. Beliau memeluk sy erat sekali, kami berpelukan lumayan lama. Cukup membuat guru-guru yang lain heran. Hehe.. Bu Eki, bukan hanya guru di mata sy, beliau juga sudah seperti ibu bagi sy. =) Seorang lagi, namanya Pak Dedi. Beliau guru sejarah yang baik sekali. Sy juga suka sejarah. Beliau termasuk guru senior di STIGMA, dan beliau pula lah yang mengusahakan beasiswa bagi sy selama bersekolah di STIGMA. Sayangnya, saat kemarin sy ke sekolah, beliau sedang workshop di Karawang, jadi ya tidak bisa bertemu.


Untuk guru-guruku tersayang, pahlawan tanpa tanda jasa..
Terima kasih banyak...
^_^

No Response to "SMANSAKA dan STIGMA"

Post a Comment