First Meeting

Rara, teman satu kelas sy yang sama-sama suka bioteknologi. Dia waktu itu ngajak penelitian biotek barengan. Terus sy mengatakan ke Rara kalau sy sudah terima tawaran proyek ekofisiologi jarak pagar. Itu pilihan sy, meskipun sy memang ingin sekali menekuni bidang bioteknologi. Nah, Rara tetap pada pendiriannya mengambil penelitian di bidang bioteknologi walaupun terancam dalam waktu lama dan dengan biaya yang cukup mahal. Jadi intinya, sy dan Rara memiliki minat yang sama.

Suatu hari Rara menawarkan sy magang di lab yang sebelumnya dia pernah magang disana. Molecular Marker and Spectrophotometry UV-VIS Laboratory, itu nama labnya. Sy kemudian diperkenalkan dengan Pak Yudi, teknisi sekaligus ilmuwan di bidang tersebut. Pak Yudi orangnya baik dan sangat ramah. Sebetulnya sy telah mendapat lowongan magang ini dari semenjak semester 7 lalu, tapi karena masih ada akademik yang lumayan padat dan amanah lain, jadi sy pending hingga semester ini.

Hari ini first meeting sy magang di lab tersebut. Subhanallah... Seriusan, sy suka.. ^^ Itulah yang selama ini sy cari. Sy dari dulu memang sangat menyukai bidang biologi terutama bioteknologi, metabolisme, genetika, dan fisiologi. Satu hal yang paling menarik yaitu genetika. Disana sy menemukan kebesaran Sang Pencipta yang subhanallah sekali telah menciptakan komponen makhluk hidup dari yang besar (makro) sampai bagian yang terkecil (mikro), dalam hal ini mengenai tingkat molekuler sel yakni RNA dan DNA dalam genom kromosom.

Pak Yudi telah memberikan pengantar 'hilir ke hulu' mengenai apa yang akan kita lakukan. Sy merasa membongkar kembali ingatan meteri genetika yang telah lama mengendap. Tadi ketika Pak Yudi memberikan penjelasan, sy terpukau sekali (*Lebay..:)). Sy banyak bertanya dan sharing dengan beliau. Pak Yudi menjelaskan mengenai proses amplifikasi, replikasi cDNA, enzim-enzim terkait, kloning gen, isolasi promotor, analisis ekspresi gen, PCR (SSR, RAPD, AFLP, dll), dll. Pak Yudi pun menerapkan metode sharing untuk mengajari sy. Jadi ya kalau beliau lupa dan kuarang paham, beliau bertanya balik pada sy. Beliau pun tidak segan-segan untuk mengungkapkan bahwa beliau belum tahu soal ini itu yang terlalu jauh untuk menjawab beberapa pertanyaan sy. Pak Yudi seorang teknisi sekaligus ilmuwan, karena beliaulah yang meneliti metode-metode standar sehingga dapat diaplikasikan di lab itu. Aslinya tadi sy menjadi banyak bertanya, bergairah rasanya. Sy seperti menemukan dunia sy. Ya, dunia yang selama ini sy cari.. ^_^

Pekerjaan sy nanti di lab yaitu membantu penelitian mahasiswa S2 mengenai analisis keragaman Richinus communis menggunakan metode PCR yang RAPD. Dan yang menarik, setelahnya sy akan menjadi asisten Pak Yudi untuk meneliti metode-metode yang terbaik dari sejumlah metode untuk menganalisis keragaman genetik dan selanjutnya akan dijadikan metode baku amplifikasi DNA di lab tersebut. Nanti sy juga belajar statistika dengan komputerisasi untuk menganalisis hasilnya. Itu sangat menarik! =)Semua itu akan sy lakukan hampir setiap hari di semester 8 untuk mengisi kekosongan jadwal diluar ngasprak, kuliah 1 mata kuliah lagi, dan menyelesaikan penelitian sy. Pak Yudi meminta sy untuk fokus mengerjakan proyek bersamanya ini. Beberapa menanyakan,"Dini, kamu mau-maunya magang kerja gitu tapi ga dibayar." Sy senyum saja mendengarnya. Tujuan sy magang sekarang ini bukan untuk mencari uang, tapi mencari ilmu yang sy minati. Itu saja. Jadi sy sudah sangat amat senang jika mendapatkan ilmu mengenai genetika dan kawan-kawannya itu, tanpa harus diberi imbalan. Imbalannya ya ilmu yang akan sy dapatkan kelak. Overall, first meeting sy di lab dengan Pak Yudi sungguh menyenangkan. =D

Hm, berbicara mengenai ilmu, tahukah anda apa ciri-ciri ilmu itu? Berikut ini tiga ciri-ciri ilmu:
1. Al ilmu yuta walayati, maksudnya ilmu itu harus didatangi ketempatnya
2. Al ilmu nurul fil qalbi, maksudnya ilmu itu sifatnya menerangi kalbu (hati.red)
3. Al ilmu imammuamal, maksudnya perilaku kita akan dibimbing oleh ilmu

Ayo semangat! Hduplah untuk yang Maha Hidup. ^_^

No Response to "First Meeting"

Post a Comment