E-Camp (2)

Acara training ini perlahan namun pasti memantapkan apa yang sudah sy putuskan sebelumnya. Agaknya inilah jawaban Allah. :) Luar biasa sekali disana... Sy bertemu dengan calon-calon orang sukses (insya Allah) masa depan. Universitas yang tergabung disana diantaranya IPB, ITB, UI, UGM, UNAND, dan UNPAD.

Ada dua pembagian saat training, yaitu reguler dan pendampingan. Mahasiswa yang masuk reguler berarti masih akan memulai usahanya dan baru sekedar bisnis plan, sedangkan mahasiswa yang lolos pendampingan berarti usahanya sudah berjalan. Untuk mahasiswa pendampingan, ada seleksi khusus lagi untuk memilih 20 oarang dari sekitar 38 yang lolos seleksi. Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, sy masuk ke kelas pendampingan. Disana sy bertemu dengan berbagai tipe orang, calon pengusaha sukses masa depan. Sy menghabiskan banyak waktu bersama mereka. Aslinya, kocak banget meraka.. =)

Banyak materi yang kita dapatkan. Sebetulnya, materi teman-teman di kelas reguler lebih banyak dari kelas pendampingan. Soalnya hari pertama dari pagi sampai sore, kami antri diwawancara dari dua sponsor sebagai proses seleksi. Itu hari paling menjenuhkan selama training, pekerjaan kami sepanjang hari itu dihabiskan dengan menunggu giliran. Malamnya kami di bimbing olah seorang trainer bisnis Bapak Hari Subagjo sampai sekitar jam 22.30an. Jadi, kami hanya mendapatkan materi ya malam hari saja, sedangkan teman-teman dari reguler mandapatkan full training dari pagi sampai malam. Tapi seru juga siy, banyak kenalan 'mahasiswa yang jadi pengusaha' akhirnya. Selalu ada hikmah. =)

Kegiatan yang paling seru ketika training simulasi bisnis langsung ke lapang di luar Buperta. Kelas pendampingan dengan mendadak baru dibagi tim pagi harinya sebelum kegiatan dilakukan, sedangkan kelas reguler sudah dibagi tim semalam sebelumnya, sehingga persiapan mereka tentu lebih optimal. Pembagian tim juga tidak merata, cepet-cepetan berkelompok saat dikomando untuk berkelompok sejumlah tertentu (14-15 orang.red). Kalas pendampingan terbagi menjadi dua kelompok, ternyata hari itu yang hadir dari kami hanya 19 orang, yang lainnya izin akademik. Sy sendiri masuk kelompok yang hanya ada 3 wanita disana, termasuk sy (Kan sy ga bisa milih, cepet-cepetan soalnya.red). Masing-masing tim diberi modal 250 ribu dan tidak diberi makan siang untuk mendidik kami. *Maksudnya itu uangnya juga termasuk makan siang. hehe..

Tim leader sy bernama bang Cakis, singkatan dari Candra Krisna. Seorang mahasiswa UI, memiliki dua bisnis yang sekarang sudah sangat maju. Tema yang ditetapkan untuk kelompok kita yaitu fashion. Tugas kami adalah membantu penjualan suatu unit bisnis menjadi 2x lipat dari omzet semula dalam waktu satu hari (aslinya paling cuma 4-5 jam waktu optimal untuk berusaha.red). Sy ditunjuk jadi adminkeu saat itu, yang tuganya mencatat aktivitas kami setiap satu jam sekali dan merekap penjulan toko hari itu, sekaligus diminta memback up bang Cakis sebegai ketua karena tidak ada wakil ketuanya. Seru banget.. Mulai dari perjuangan mencari TKP, diintrogasi satpam karena mau ikut nimbrung jualan di mall tanpa izin, sampai ahirnya kami memutuskan berjualan di pasar Kranggan Bekasi (Jauh kan ya? Gimana lagi, cuma itu yang membolehkan kami ikut berkontribusi berjualan. hehe..). Gokilnya, cuma tim kami yang jaulan di pasar. Tim lain (spa ikan, aksesoris, dll) ga ada yang di pasar, mereka semua berjualan di tempat nyaman. :p

 Bang Cakis menamai tim kami dengan nama "Darah Muda." Ahaha.. Aslinya, bang Cakis kocak banget. Selalu ada semangat dan tawa kalau ada beliau. Tim kami jadinya paling rame dari tim lain (leadernya rame, pasti anak buahnya juga rame).Seruuu ketika kami action jualan di pasar membantu salah satu ruko pakaian bernama Inah Selvi. Bang Cakis dengan lantang berteriak,"Mau lliat mahasiswa jualan? Disini ada mahasiswa dari berbagai universitas, kecuali UNAND!" Setelah itu, Choki yang dari UNAND serta merta protes sambil ketawa menjulurkan tinjunya ke bang Cakis, lalu kami semua tertawa. Kocak. :D Choki kan badannya tinggi besar sehingga cocok jadi gegana di barisan depan.  Capeknya ga terasa. Seriusan. Sy juga merangkap ditugasi untuk jadi tim closing membantu Mar'ah, Kimi dan Riza. Tau kan maksudnya closing? Pengunjung yang sudah berhasil tertarik masuk ruko kami (di promosikan oleh tim gegana dan model. Itu pembagian teknis tugasnya.red), lalu sy yang akan menawarkan berbagai produk kami. Intinya sy bertugas agar si pengunjung jadi membeli barang kami. Kami juga menerapkan berbagai strategi, mulai dari minum es nutrisari gratis untuk pengunjung dan pembeli sampai pemotongan harga 10.000 untuk setiap pembelian. Gokil.. Hasilnya, kami sukses melipatgandakan omzet toko yang biasanya seharian jualan dari jam 09.00-19.00 beromzet 1.000.000, ketika ada kami omzet sampai jam 16.30 saja sudah mencapai 1.758.000. Kami berhasil mendapatkan omzet itu dalam waktu 4 jam saja, mulai dari jam 12.30-16.30. Keren kan.. Timwork yang solid, strategi bisnis, dan pantang menyerah kuncinya. Sy merasakan susahnya mencari uang, karena pengunjung pasar juga sepi. Jadi omzet segitu tuh udah lumayan banget.. ^_^ Ketika di toko, sy jatuh hati ke pakaian anak-anak. Lucunya... Seriusan. Sy malah menghitung berapa jumlah anak yang datang bersama mamanya. Sy sempet kejar-kejaran sama si anak balita. Lucu.. Yap, mereka selalu mengguyurkan kebahagiaan. :)

Hari terakhir disibukkan dengan membut bisnis plan baru dengan kelompok baru yang harus dijalankan dan akan dipantau parjalannannya. Di tim ini sy sebagai tim leadernya untuk bisnis delivery order berbagai komoditas pertanian organik. Bismillah, semoga ada titik cerah disana. Amiin. Agenda hari itu yang paling berkesan adalah AMT dari pak Hari. AMT yang sukses bikin sy dan seluruh isi ruangan menangis. Closing dari Pak Hengky  yang memantapkan langkah sebagai wirausahawan juga mantap. Oh ya, plus puisi dari bu... (lupa) tentang nasionalisme yang ditutup dengan lagu Padamu Negeri, mengena banget terutama di lirik terakhirnya: Bagimu negeri, jiwa raga kami.. Subhanallah..

Hidup Indonesiaku, tumpah darahku, jiwa ragaku..
Semangat menjadi wirausahawan merah putih!^_^


NB:
1. Terima kasih untuk penyelenggara dan sponsor, training yang sangat bermanfaat. Batrai sy full lagi,  semoga untuk waktu yang lama. Amiinn..
2. Trims juga untuk Mba Linda, Mba Sisil, Indah, Irma, Danur yang menginspirasi, Mar'ah, Cita, dan semuanya. Trims yang utama untuk tim Darah Muda (Sy selalu ingin tertawa jika nama kelompok kami disebut. hehe..) terdiri dari: Bang Cakis, Ilham yang kocak (Semoga apa yang Ilham katakan ke dini, kelak juga suami dini ucapkan ke dini. Amin.. ^^), Mar'ah, Ayu, Riko, Riza, Rico, Andi, Choki, Niki, dll. Senang bekerjasama dengan kalian.
3. Trims untuk Pak Hengky yang ternyata dengan senang hati akan menutupi pembiayaan sy ke Jerman kemarin, dan mendukung riset tentang pengembangan tanaman tersebut dengan biaya berapapun. Allahuakbar...
4. Sy keteteran tugas kuliah nih. Lagi musim tugas, presentasi tugas kelompok (sy kurang berkontribusi agaknya. Huhu..), plus ujian praktikum di depan mata.
5. Sidang Umum 2 DPM A yang tertunda, besok akan dilaksanakan. Sy ingin segera mengakhiri organisasi ini (meskipun sy tau, pasti nantinya akan sangat rindu hari-hari di sekret.red), fokus ke bisnis (amiinn..), dan sejenisnya yang berbasis pengembangan diri untuk persiapan ketika sy melangkah nanti. ^_^

No Response to "E-Camp (2)"

Post a Comment