Doanya pendoa

Hem, kali ini sy teringat tentang satu sosok yang setelah sy renungkan mungkin dia berperan sebagai puzzle cukup penting dalam satu mimpi besar sy, mimpi untuk menjejak bumi negeri Jerman.

Mari sy ceritakan.
Suatu waktu sy ke fotokopian di sekitar kosan sy (waktu masih ngekost di Sunkar, Bateng), tanpa perlu sy jelaskan tentu saja sy ke fotokopian untuk memotokopi sesuatu yang sekarang sy pun lupa tepatnya fotokopi apa. Sesampainya sy di depan fotokopian, ternyata fotokopian tersebut sedang kosong karena memang baru saja hujan, jadinya sy bisa langsung dapat giliran pertama tanpa harus antri. Di depan fotokopian tersebut sy temukan seorang pedagang berbagai celana jeans pendek (yang banyak sakunya) untuk laki-laki, dan celana jeans 3/4 untuk perempuan. Pedagang tersebut sedang menawarkan si empunya fotokopian, tapi agaknya si empunya tersebut kurang tertarik dan langsung melayani sy fotokopi bahan mata kuliah tanpa menghairaukan si pedagang tersebut.

Sy iseng aja liat-liat jeans untuk laki-laki, dalam hati sy teringat papa sy. Papa sy kan belum punya jeans pendek model begitu. Sy memang begitu, kalau ada sesuatu barang yang sy pikir orang tua sy bakal suka atau sedang dibutuhkannya, biasanya sy betul-betul usahakan untuk beli. Tapi untuk yang ini, sy niatnya cuma liat-liat aja. Kondisi finansial sy lagi kritis saat itu. Betul-betul sedang kritis. Karena memang uang sy saat itu sedang sekarat, akhirnya sy bawa hampir semuanya sejumlah .... (triiit, rahasia. ;p).

Meskipun sangat amat sangat ingin membelikannya untuk papa sy, tapi sy tahan kuat-kuat. Soalnya, kalau sy belikan untuk papa, tentu sy harus belikan juga untuk mama (meskipun mama ga pernah minta), dan kalau sy belikan untuk mama tentu de Reza pasti iri kalau tidak ikut dibelikan. Intinya kalau sy belikan satu, semua anggota keluarga sy harus sy belikan jg. Mengingat kondisi keuangan  tidak memungkinkan (bakal defisit kalau sy belikan jeans yang lumayan harganya, dan sebetulnya saat itu juga sudah defisit untuk persediaan sebulan), akhirnya sy menahan diri untuk tidak beli.

Si abang penjualnya memohon-mohon sama sy supaya beli barangnya karena katanya belum ada yang beli dari pagi. Huaw, sy kan orangnya ga tegaan. Sy gamang. Dilema. Kemudian, si abangnya bilang bahwa dia ingin pulang ke kampungnya di.... (sy lupa) dan katanya dia lagi mengumpulkan uang untuk pulang kampung. Dia rindu keluarganya, anak dan istrinya. Huhu, sy makin ga tega. Apalagi kalau dia bawa-bawa soal rindunya dia ke keluarga kayak gitu, makin bikin hati sy mencelos. Sy membayangkan bagaimana jika sy diposisinya? Bagaimana jika sy kangen sama keluarga sy yang nun jauh disana, tapi ga bisa ketemu cuma karena ga punya 'ongkos pulang?' Huhu. Sy luluh akhirnya. Sy habiskan hampir seluruh uang sy untuk beli celana jeans tiga buah. Satu untuk papa, satu untuk mama, satu untuk de Reza. *Sebelumnya sy sms dulu mama papa mau dibelikan warna apa. Meski sy dilarang beli karena orang tua sy tau kondidi finansial sy yang kritis, tapi akhirnya memilih satu warna juga. Hehey.. Maaf ya mam, waktu itu mba ga nurut..

Setelah sy beli, terlihat sekali si abang penjualnya betul-betul mengucapkan terimakasih yang sangat ke sy. Katanya dia terharu. Katanya baru sy mahasiswa yang mau beli barangnya dia (nah loh? padahal barang dagangan dia kualitasnya lumayan bagus kok, ga kalah dengan di mall. Makanya sy fikir, sy bisa keluar uang lebih sedikit dibanding sy beli di mall langsung. Hemat kan jadinya? ^^) . Katanya sy pembeli dia satu-satunya hari itu. Katanya karena sy beli, dia jadi bisa pulag kampung. Lalu meluncurlah berbagai doa dari mulutnya untuk sy, doa yang tulus dari seorang pendoa yang sedang kesulitan. Sy senyum aja melihat kejadian itu, dalam hati sy bersyukur masih bisa membantu. Sy kemudian teringat paper sy yang sedang menunggu hasil verifikasi juri di Renews 2010, Berlin, Jerman. Sy bilang ke si abang pedagang untuk minta didoakan supaya paper sy goal dan sy bisa merengkuh mimpi sy ke Jerman. Si abangnya dengan senang hati mendoakan hal tersebut untuk sy, keras-keras lg. Malu sy, untung lagi sepi.

Terakhir sy bilang,"amiinn.." Lalu pamit (setelah bahan fotokopian selesai difotokopi) sambil mengucapkan terima kasih setelah didoakan. Si abangnya manggut-manggut sembari senyum sumringah, terlihat benar gurat kebahagiaan di wajahnya.

Sepanjang perjalanan pulang, sy seneng udah bisa bantu, tapi sy juga dilema gimana nasib kehidupan sy tanpa dukungan finansial (uang sy sangat limit). Sy ga mungkin minta ke papa, karena sy tau papa sedang kesulitan jg pada saat itu. Entahlah, sy hanya menjawab segala kegelisahan di hati sy dengan senyuman, karena sy yakin DIA Maha Kaya. Sy percaya DIA tidak akan membuat sy kelaparan. Alhamdulillah, setelah itu malah banyak rejeki yang tak terduga datangnya, dan..dan..dan.. paper sy dan rekan sy lolos verifikasi lalu diundang presentasi di Jerman. Allahuakbar... Sampai akhirnya sy sekarang telah betul-betul kesana, ke negeri impian sy. Sy menjejak waktu membeku di Berlin, kota terindah yang pernah sy singgahi. Sy meninggalkan separuh hati sy disana, terpesona atas keindahan Autumn Berlin. Doakan sy bisa kembali kesana ya. Jika DIA berkehendak, tidak pernah ada yang mustahil. Sy percaya-sangat percaya kebesaran-Nya.

Benarkah ini karena doanya pendoa? Sy yakinnya iya, itu termasuk salah satu faktornya. Allah telah mengijabah doanya. Terimakasih ya bang..

Sharing aja, tanpa bermaksud apapun. Semoga bermanfaat...
^_^

No Response to "Doanya pendoa"

Post a Comment